Oleh: Taufan Hidayat | Januari 1, 2009

CATATAN 2008

Hidup adalah tragedi, hadapi itu.”
Bunda Teresa
Berbagai tragedi terus saja terjadi, tetapi itu tak boleh menyurutkan kita untuk menghadapinya. Catatan berbagai peristiwa semakin mungukuhkan kita bahwa dunia tak akan pernah seindah slogan, meski kita tahu, bahwa slogan adalah sebuah harapan, dan apa jadinya dunia tanpa harapan.
Dua peristiwa penting yang menjadi catatan 2008 adalah: bencana ekonomi AS yang memiliki efek runtuhnya gunung es yang teramat dahsyat dan serangan membabi buta akhir tahun Israel atas warga Palestina di Jalur Gaza.
Peristiwa pertama akan berdamapak ke segala penjuru mata angin. Kapitalisme sebagai sokoguru perekonomian dunia mengalami masa-masa sulit. Berbagai ulasan dari pelbagai sudut pandang telah saya baca dan renungkan. Benang merah yang dapat saya ambil, tak ada yang imun, tak ada boleh merasa super. Di balik runtuhnya imperium (kapitalisme) ekonomi AS, dalam jangka panjang, sebenarnya juga menyimpan bom waktu buat dirinya sendiri. Eksploitasi atas sumber daya alam yang amat rakus adalah bencana besar kemanusian yang tinggal menunggu waktu.
Peristiwa kedua mewakili arogansi kekuasaan, rendahnya solidaritas kemanusiaan, berbahayanya pemahaman agama secara radikal, dan tradisi peperangan yang tak pernah akan surut dari muka bumi. Timur Tengah memang sebuah ironi. Dari sinilah agama-agama langit lahir. Dari sini pulalah konflik berkecambah, beranak pinak. Agama yang pada awalnya merupakan pemandu moral bisa berubah wajah menjadi mesin pembunuh.
Hidup memang tragedi, tetapi harus kita hadapi. Bukan dengan uang semata, apalagi mesiu. Sudah saatnya kita kembali kepada nurani, kepada jiwa, kepada kesadaran, kepada moralitas, kepada Sangkan Paraning Dumadi.
Bandung, 1 Januari 2009.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: